Cyber library

Ombudsman RI Mengadakan Acara Peluncuran Buku “Ombudsprudensi” Dan Juga Sekaligus Memperingati 24 Tahun Perjalanan Ombudsman RI

Jakarta, 5 Maret 2024 – Ombudsman RI mengadakan acara peluncuran buku “Ombudsprudensi” dan juga sekaligus memperingati 24 tahun perjalanan Ombudsman RI sebagai Lembaga pengawas pelayanan publik pada hari Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di kantor pusat Ombudsman RI, Kuningan Jakarta Selatan.

Ombudsman sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, dalam peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini merupakan salah satu asas akuntabilitas atau pertanggungjawaban ombudsman kepada masyarakat, mengenai kerja yang dilakukan oleh ombudsman. Selain asas akuntabilitas, peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini juga merupakan asas keterbukaan dan kerahasian.

“Dalam pembuatan Ombudsprudensi, ada yang perlu dirahasiakan seperti identitas pribadi atau beberapa hal yang memang tidak boleh dipublish ke publik akan diberi inisial”, ucap Ratna Sari Dewi selaku editor Ombudsprudensi.

Ratna Sari Dewi, Editor OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Ombudsprudensi merupakan kumpulan kasus-kasus atau lebih dikenal dengan Laporan Masyarakat yang dilaporkan kepada Ombudsman RI. Laporan Masyarakat yang dimasukkan ke dalam Ombudsprudensi ini berasal dari penyeleksian laporan masyarakat, kepada Perwakilan Ombudsman di Provinsi dan Ombudsman RI di Pusat, melalui serangkaian proses pemilahan dan pemilihan.

Ombudsprudensi yang diterbitkan kali ini terdiri dari 4 jilid, dimana masing-masing jilid terdiri dari 30-50 kasus laporan yang sudah di pilah dan pilih  terdiri dari 18 sub masalah dan kasus telah diselesaikan oleh Ombudsman RI.

Jilid 1     : Perpajakan, Pendidikan, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepolisian.

Jilid 2     : Pemerintahan Dalam Negeri/Daerah/Desa, Kesejahteraan Sosial, Pertambangan dan Energi, Kesehatan.

Jilid 3     : Air Bersih/PDAM, Perbankan/ Pegadaian, Kepegawaian/ Ketenagakerjaan, Infrastruktur, Transportasi/ Perhubungan.

Jilid 4     : Agraria/ Pertanahan, Perumahan/ Pemukiman, Administrasi Peradilan, Perijinan, Komunikasi dan Informatika.

Peresmian acara peluncuran buku OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Diharapkan dengan peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini dapat memberikan pengetahuan/ contoh penyelesaian kasus kepada internal Ombubdsman dan kemudian dapat dijadikan pedoman/ acuan dalam menangani laporan masyarakat. Selain itu untuk lembaga eksternal yang melayani pelayanan publik dapat menjadi pertimbangan dalam mengetahui bentuk penanganan laporan oleh Ombudsman RI dalam penyelesaian persoalan pelayanan publik.

Berita Populer

Screenshot 2025-11-14 103634
LUKISAN DUA DUNIA YANG MENYIMPAN GAGASAN SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA TENTANG KEMAJUAN DAN KESEIMBANGAN
1
STRATEGI PERGURUAN TINGGI MENYONGSONG AKREDITASI PERPUSTAKAAN 2025: ADAPTASI, KOLABORASI, DAN TRANSFORMASI DIGITAL
2025 visitor and reader of the month (Presentasi)
VISITOR DAN READER OF THE MONTH: MENDORONG SEMANGAT CIVITAS AKADEMIKA DI PERPUSTAKAAN MASA KINI
Capture
CYBER LIBRARY UNIVERSITAS NASIONAL BERPARTISIPASI DALAM KPPTI-4, MEWUJUDKAN INOVASI DAN ETIKA AI DI PERPUSTAKAAN AKADEMIK
WhatsApp Image 2025-10-07 at 14.45
Sejarah Galeri Sutan Takdir Alisjahbana

Artikel Populer

Berita Lainnya

Capture
CYBER LIBRARY UNIVERSITAS NASIONAL BERPARTISIPASI DALAM KPPTI-4, MEWUJUDKAN INOVASI DAN ETIKA AI DI PERPUSTAKAAN AKADEMIK
Konferensi Internasional FPPTI 2025 menjadi ruang berbagi gagasan dan kolaborasi global bagi pustakawan...
Read More
Header
SOSIALISASI PEDOMAN DAN KEBIJAKAN SPMI DI UNIT KERJA UPT PERPUSTAKAAN
Pada tanggal 18 Maret 2025, Anggota Unit Penjaminan Mutu UPT Perpustakaan & MPR Universitas Nasional...
Read More
Picture1
STOCK OPNAME : Perpustakaan Fakultas Kesehatan
Perpustakaan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (UNAS) baru saja menyelesaikan rangkaian...
Read More