Cyber library

Ombudsman RI Mengadakan Acara Peluncuran Buku “Ombudsprudensi” Dan Juga Sekaligus Memperingati 24 Tahun Perjalanan Ombudsman RI

Jakarta, 5 Maret 2024 – Ombudsman RI mengadakan acara peluncuran buku “Ombudsprudensi” dan juga sekaligus memperingati 24 tahun perjalanan Ombudsman RI sebagai Lembaga pengawas pelayanan publik pada hari Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di kantor pusat Ombudsman RI, Kuningan Jakarta Selatan.

Ombudsman sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, dalam peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini merupakan salah satu asas akuntabilitas atau pertanggungjawaban ombudsman kepada masyarakat, mengenai kerja yang dilakukan oleh ombudsman. Selain asas akuntabilitas, peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini juga merupakan asas keterbukaan dan kerahasian.

“Dalam pembuatan Ombudsprudensi, ada yang perlu dirahasiakan seperti identitas pribadi atau beberapa hal yang memang tidak boleh dipublish ke publik akan diberi inisial”, ucap Ratna Sari Dewi selaku editor Ombudsprudensi.

Ratna Sari Dewi, Editor OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Ombudsprudensi merupakan kumpulan kasus-kasus atau lebih dikenal dengan Laporan Masyarakat yang dilaporkan kepada Ombudsman RI. Laporan Masyarakat yang dimasukkan ke dalam Ombudsprudensi ini berasal dari penyeleksian laporan masyarakat, kepada Perwakilan Ombudsman di Provinsi dan Ombudsman RI di Pusat, melalui serangkaian proses pemilahan dan pemilihan.

Ombudsprudensi yang diterbitkan kali ini terdiri dari 4 jilid, dimana masing-masing jilid terdiri dari 30-50 kasus laporan yang sudah di pilah dan pilih  terdiri dari 18 sub masalah dan kasus telah diselesaikan oleh Ombudsman RI.

Jilid 1     : Perpajakan, Pendidikan, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepolisian.

Jilid 2     : Pemerintahan Dalam Negeri/Daerah/Desa, Kesejahteraan Sosial, Pertambangan dan Energi, Kesehatan.

Jilid 3     : Air Bersih/PDAM, Perbankan/ Pegadaian, Kepegawaian/ Ketenagakerjaan, Infrastruktur, Transportasi/ Perhubungan.

Jilid 4     : Agraria/ Pertanahan, Perumahan/ Pemukiman, Administrasi Peradilan, Perijinan, Komunikasi dan Informatika.

Peresmian acara peluncuran buku OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Diharapkan dengan peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini dapat memberikan pengetahuan/ contoh penyelesaian kasus kepada internal Ombubdsman dan kemudian dapat dijadikan pedoman/ acuan dalam menangani laporan masyarakat. Selain itu untuk lembaga eksternal yang melayani pelayanan publik dapat menjadi pertimbangan dalam mengetahui bentuk penanganan laporan oleh Ombudsman RI dalam penyelesaian persoalan pelayanan publik.

Berita Populer

Salinan dari Template foto kegiatan
📚 Workshop Seru dari DISPUSI DKI Jakarta: Belajar Kinerja dan Dampak Lewat SNI ISO
Salinan dari Template foto kegiatan (3)
📚 Perpustakaan UNAS Terima Hibah Koleksi Karya Sutan Takdir Alisjahbana dari Dr. Eddy Guridno
hari pustakawan
SELAMAT HARI PUSTAKAWAN NASIONAL! 💛
WhatsApp Image 2025-07-04 at 09.47
Fenomena FOMO yang Membayangi Kehidupan Mahasiswa di Era Digital
WhatsApp Image 2025-07-03 at 13.30
“Galeri Sutan Takdir Alisjahbana dan Pentingnya Mengarsipkan Pikiran” Oleh: Hesti Ari Wardani

Artikel Populer

Berita Lainnya

fghnfgvmgb
LIBFLIX:Library Netflix JUMANJI 2 / PENGABDI SETAN 2? Rabu, 4 Mei 2025
          Bagi civitas akademika yang sedang memiliki waktu luang, perpustakaan menghadirkan pengalaman...
Read More
Picture1
Perpustakaan UNAS Rapat Kerja, Siap Tingkatkan Kualitas Layanan
Jakarta, 15 Agustus 2024 – Perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) menggelar rapat kerja internal di...
Read More
WhatsApp Image 2023-12-01 at 10.24
SOSIALISASI FASILITAS DAN LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NASIONAL
[ UNAS Library ] Perpustakaan adalah sebuah institusi yang memiliki peran penting dalam memfasilitasi...
Read More