Cyber library

Ombudsman RI Mengadakan Acara Peluncuran Buku “Ombudsprudensi” Dan Juga Sekaligus Memperingati 24 Tahun Perjalanan Ombudsman RI

Jakarta, 5 Maret 2024 – Ombudsman RI mengadakan acara peluncuran buku “Ombudsprudensi” dan juga sekaligus memperingati 24 tahun perjalanan Ombudsman RI sebagai Lembaga pengawas pelayanan publik pada hari Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di kantor pusat Ombudsman RI, Kuningan Jakarta Selatan.

Ombudsman sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, dalam peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini merupakan salah satu asas akuntabilitas atau pertanggungjawaban ombudsman kepada masyarakat, mengenai kerja yang dilakukan oleh ombudsman. Selain asas akuntabilitas, peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini juga merupakan asas keterbukaan dan kerahasian.

“Dalam pembuatan Ombudsprudensi, ada yang perlu dirahasiakan seperti identitas pribadi atau beberapa hal yang memang tidak boleh dipublish ke publik akan diberi inisial”, ucap Ratna Sari Dewi selaku editor Ombudsprudensi.

Ratna Sari Dewi, Editor OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Ombudsprudensi merupakan kumpulan kasus-kasus atau lebih dikenal dengan Laporan Masyarakat yang dilaporkan kepada Ombudsman RI. Laporan Masyarakat yang dimasukkan ke dalam Ombudsprudensi ini berasal dari penyeleksian laporan masyarakat, kepada Perwakilan Ombudsman di Provinsi dan Ombudsman RI di Pusat, melalui serangkaian proses pemilahan dan pemilihan.

Ombudsprudensi yang diterbitkan kali ini terdiri dari 4 jilid, dimana masing-masing jilid terdiri dari 30-50 kasus laporan yang sudah di pilah dan pilih  terdiri dari 18 sub masalah dan kasus telah diselesaikan oleh Ombudsman RI.

Jilid 1     : Perpajakan, Pendidikan, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepolisian.

Jilid 2     : Pemerintahan Dalam Negeri/Daerah/Desa, Kesejahteraan Sosial, Pertambangan dan Energi, Kesehatan.

Jilid 3     : Air Bersih/PDAM, Perbankan/ Pegadaian, Kepegawaian/ Ketenagakerjaan, Infrastruktur, Transportasi/ Perhubungan.

Jilid 4     : Agraria/ Pertanahan, Perumahan/ Pemukiman, Administrasi Peradilan, Perijinan, Komunikasi dan Informatika.

Peresmian acara peluncuran buku OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Diharapkan dengan peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini dapat memberikan pengetahuan/ contoh penyelesaian kasus kepada internal Ombubdsman dan kemudian dapat dijadikan pedoman/ acuan dalam menangani laporan masyarakat. Selain itu untuk lembaga eksternal yang melayani pelayanan publik dapat menjadi pertimbangan dalam mengetahui bentuk penanganan laporan oleh Ombudsman RI dalam penyelesaian persoalan pelayanan publik.

Berita Populer

Screenshot 2025-09-13 102819
“Sutan Takdir Alisjahbana dan Pertanyaan Besar tentang Mesin dan Manusia”
Picture3
📚 Implementasi ISO 11620:2023 untuk Peningkatan Kinerja Perpustakaan
WhatsApp Image 2025-08-12 at 10.00
Optimalisasi Pemanfaatan Koleksi dan Layanan: Pelatihan Pendidikan Pemakai di Perpustakaan UNAS
24
BIMTEK Implementasi ISO 11620
WhatsApp Image 2025-07-29 at 15.17
Kunjungan Kerja Ke Perpustakaan UBAYA dan UNAIR

Artikel Populer

Berita Lainnya

Salinan dari Template foto kegiatan (1)
Perpustakaan UNAS Ikuti Penyamaan Persepsi Akreditasi Unggul LAMSPAK
          Perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) turut berpartisipasi dalam agenda Penyamaan Persepsi...
Read More
Ilustrasi-akhir-semester
Tips Tenang dan Fokus: Mengatasi Stres Semester Awal bagi Mahasiswa Baru
Hai, mahasiswa baru! 🎓 Selamat datang di dunia perkuliahan yang penuh warna! Memasuki semester pertama...
Read More
WhatsApp Image 2023-12-20 at 09.36
PELAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NASIONAL MENUJU DIGITAL
Perkembangan dunia perpustakaan saat ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi sebagai...
Read More