Cyber library

Ombudsman RI Mengadakan Acara Peluncuran Buku “Ombudsprudensi” Dan Juga Sekaligus Memperingati 24 Tahun Perjalanan Ombudsman RI

Jakarta, 5 Maret 2024 – Ombudsman RI mengadakan acara peluncuran buku “Ombudsprudensi” dan juga sekaligus memperingati 24 tahun perjalanan Ombudsman RI sebagai Lembaga pengawas pelayanan publik pada hari Selasa, 05 Maret 2024 bertempat di kantor pusat Ombudsman RI, Kuningan Jakarta Selatan.

Ombudsman sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, dalam peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini merupakan salah satu asas akuntabilitas atau pertanggungjawaban ombudsman kepada masyarakat, mengenai kerja yang dilakukan oleh ombudsman. Selain asas akuntabilitas, peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini juga merupakan asas keterbukaan dan kerahasian.

“Dalam pembuatan Ombudsprudensi, ada yang perlu dirahasiakan seperti identitas pribadi atau beberapa hal yang memang tidak boleh dipublish ke publik akan diberi inisial”, ucap Ratna Sari Dewi selaku editor Ombudsprudensi.

Ratna Sari Dewi, Editor OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Ombudsprudensi merupakan kumpulan kasus-kasus atau lebih dikenal dengan Laporan Masyarakat yang dilaporkan kepada Ombudsman RI. Laporan Masyarakat yang dimasukkan ke dalam Ombudsprudensi ini berasal dari penyeleksian laporan masyarakat, kepada Perwakilan Ombudsman di Provinsi dan Ombudsman RI di Pusat, melalui serangkaian proses pemilahan dan pemilihan.

Ombudsprudensi yang diterbitkan kali ini terdiri dari 4 jilid, dimana masing-masing jilid terdiri dari 30-50 kasus laporan yang sudah di pilah dan pilih  terdiri dari 18 sub masalah dan kasus telah diselesaikan oleh Ombudsman RI.

Jilid 1     : Perpajakan, Pendidikan, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepolisian.

Jilid 2     : Pemerintahan Dalam Negeri/Daerah/Desa, Kesejahteraan Sosial, Pertambangan dan Energi, Kesehatan.

Jilid 3     : Air Bersih/PDAM, Perbankan/ Pegadaian, Kepegawaian/ Ketenagakerjaan, Infrastruktur, Transportasi/ Perhubungan.

Jilid 4     : Agraria/ Pertanahan, Perumahan/ Pemukiman, Administrasi Peradilan, Perijinan, Komunikasi dan Informatika.

Peresmian acara peluncuran buku OMBUDSPRUDENSI di Gedung Ombudsman. Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Diharapkan dengan peluncuran buku “Ombudsprudensi” ini dapat memberikan pengetahuan/ contoh penyelesaian kasus kepada internal Ombubdsman dan kemudian dapat dijadikan pedoman/ acuan dalam menangani laporan masyarakat. Selain itu untuk lembaga eksternal yang melayani pelayanan publik dapat menjadi pertimbangan dalam mengetahui bentuk penanganan laporan oleh Ombudsman RI dalam penyelesaian persoalan pelayanan publik.

Berita Populer

WhatsApp Image 2025-01-10 at 10.40
PENTINGNYA UJI SIMILARITY DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI
WhatsApp Image 2025-01-02 at 11.04
Selamat Tahun Baru 2025!
WhatsApp Image 2024-12-20 at 11.45
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional: Membangun Karakter Mahasiswa melalui Kepedulian Sosial
Picture1
PERAN STRATEGIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DALAM MENGHADAPI TREN DAN TANTANGAN ERA DIGITAL
Picture1
Pustakawan UNAS Ikuti Workshop Manajemen Data Riset, Tingkatkan Kompetensi Digital

Artikel Populer

Berita Lainnya

Jurnal Gale
"Jurnal Terkini untuk Penelitian Unggul: Eksplorasi Gale OneFile di Perpustakaan Cyber Library UNAS"
Perpustakaan Cyber Library Universitas Nasional (UNAS) menyediakan akses ke berbagai jurnal elektronik...
Read More
WhatsApp Image 2025-01-02 at 11.04
Selamat Tahun Baru 2025!
Keluarga besar UPT Perpustakaan Universitas Nasional mengucapkan selamat Tahun Baru 2025! Semoga tahun...
Read More
WhatsApp Image 2024-08-27 at 10.03
Perpustakaan UNAS dan UBHARAJAYA Jalin Kerja Sama Strategis
Senin, 26 Agustus 2024, perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) melakukan kunjungan ke perpustakaan...
Read More