Cyber library

PERAN PUSTAKAWAN DI ERA DIGITAL LIBRARY

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dengan digital library-nya, masyaralat menuntut agar informasi dapat diperoleh dengan mudah, murah, cepat, berkualitas, tepat/akurat dalam berbagai kemasan. Informasi tersebut harus tersedia seluas-luasnya, dan dapat peroleh dari mana dan kapan saja. Oleh karena itu, perpustakaan tidak hanya menyediakan informasi di perpustakaan secara fisik, tetapi perpustakaan harus mampu menyediakan informasi yang dapat diakses secara daring sesuai kebutuhan.

Digital library menjanjikan pengguna mengakses sumber-sumber informasi elektronik. Pengguna tidak lagi terpancang pada jam pelayanan perpustakaan dan mereka tidak perlu lagi harus datang ke perpustakaan untuk memperoleh akses informasi. Dengan digital Library, peran pustakawan akan bergeser dari suatu penekanan memperoleh, mengolah, memelihara, menyimpan dan melayankan informasi ke suatu penekanan mengajar, memberikan konsultasi, meneliti, memelihara akses informasi yang demokratis, dan bekerjasama dengan ahli komputer dan ilmuwan dalam mendisain dan memelihara sistem akses informasi.

Peran Pustakawan

  1. Manajer Perpustakaan Digital: Pustakawan Digital bertanggung jawab untuk mengelola perpustakaan digital, termasuk mengurus basis data, menyusun katalog, dan memastikan koleksi literatur terorganisir dengan baik untuk mempermudah pencarian dan akses pembaca.
  2. Kurator Informasi: Sebagai kurator informasi, Pustakawan Digital harus memilih dan menilai sumber daya digital yang relevan, akurat, dan berkualitas tinggi untuk masuk ke dalam koleksi perpustakaan. Mereka juga harus terus memperbarui koleksi agar tetap relevan dengan perkembangan pengetahuan terkini.
  3. Pendukung Literasi Digital: Pustakawan Digital berperan sebagai pendukung literasi digital bagi masyarakat. Mereka membantu pengguna memahami cara mengakses dan menggunakan perpustakaan digital dengan efisien, memastikan aksesibilitas dan keterampilan teknologi tidak menjadi hambatan bagi para pembaca.
  4. Pengajar dan Penyuluh: Pustakawan Digital juga berperan sebagai pengajar dan penyuluh tentang literasi digital, mengadakan pelatihan atau sesi edukasi bagi pengguna perpustakaan, termasuk di sekolah dan masyarakat umum.
  5. Penghubung Komunitas: Pustakawan Digital berfungsi sebagai penghubung komunitas dengan menyediakan forum diskusi online, kelompok baca digital, dan platform kolaborasi untuk

Dalam digital libray, peran dan tugas pustakawan akan lebih ditekankan pada mengajar, memberikan konsultasi, meneliti, memelihara akses informasi yang demokratis, dan bekolaborasi dengan para ahli komputer dan ilmuwan dalam mendisain dan memelihara sistem akses informasi. Mereka juga disibukkan dengan interaksi teknologi informasi untuk berkonstribusi dalam membangun literate society.

Berita Populer

WhatsApp Image 2024-10-18 at 11.11
PERAN PUSTAKAWAN DI ERA DIGITAL LIBRARY
Picture1
GALERI STA
LibFlix - How To Make Millions Before Grandma Dies
LibFlix Kembali Hadir Menghibur Pemustaka UNAS
WhatsApp Image 2023-07-06 at 10.24
Galery LibFlix
WhatsApp Image 2024-10-01 at 11.18
Peran Generasi Muda dalam Melestarikan Nilai-Nilai Pancasila

Artikel Populer

Berita Lainnya

Picture1
Perpustakaan UNAS Rapat Kerja, Siap Tingkatkan Kualitas Layanan
Jakarta, 15 Agustus 2024 – Perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) menggelar rapat kerja internal di...
Read More
ithenticate-logo
BERITA TURNITIN
Mulai 11 Desember 2023 Perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) kini telah dibuka kembali layanan Uji...
Read More
4514_CYBER-LIBRARY-UNIVERSITAS-NASIONAL_001-2048x1380
Perpustakaan Universitas Nasional Meraih Akreditasi "A"
Perpustakaan Universitas Nasional (UNAS) meraih Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional...
Read More